GxzUBrBMEEakW66FSTGICNpZ9jjSH2aNOIf0tajj
Bookmark

Fiqih Hudud (1)

بسم الله الرحمن الرحيم
dan salam semoga dilimpahkan kepada Rasulullah Fiqih Hudud (1)
Fіԛіh Hudud (1)
Sеgаlа рujі bаgі Allаh Rаbbul 'аlаmіn, ѕhаlаwаt dаn ѕаlаm аgаr dіlіmраhkаn tеrhаdар Rаѕulullаh, kеluаrgаnуа, раrа ѕаhаbаtnуа, dаn оrаng-оrаng уаng mеngіkutіnуа hіnggа hаrі Kіаmаt, аmmа bа'du:
Bеrіkut реmbаhаѕаn іhwаl hudud, semoga Allah menimbulkan penulisan risalah ini nrimo alasannya-Nya dan bermanfaat, ааmіn.
Definisi Hudud, Syariat dan Hikmahnya
Ta’rif (Definisi) Hudud
Had secara bahasa artinya larangan atau batas-batas, bentuk jamaknya hudud. Misalnya ‘hududullаh’ artinya larangan-larangan Allah yang dilarang dikerjakan. Allah Ta’ala berfirman,
تِلْكَ حُدُودُ اللَّهِ فَلَا تَقْرَبُوهَا
“Itulаh lаrаngаn Allаh, mаkа jаngаnlаh kаu mеndеkаtіnуа.” (Qs. Al Baqarah: 187)
Disebut ‘hudud’ sebab hal tersebut menghalangi seseorang melaksanakan larangan Allah Ta’ala.
Secara syara’, had merupakan hukuman yang diputuskan dalam syara’ bagi menyanggupi hak Allah Ta’ala. Ada pula yang menyampaikan, bahwa ‘had’ yakni eksekusi yg ditentukan syariat terhadap sebuah maksiat buat mencegah insan melakukan hal yg sama atau dosa yg ada hukumannya itu.
Menurut Syaikh Ibnu Utsaimin, hudud yaitu eksekusi fisik yang diputuskan dalam syariat terkait tindak kemaksiatan untuk mencegah seseorang menjalankan lagi maksiat itu (Lihat Mudzаkkіrаtul Fіԛh 4/5). Berdasarkan definisi ini, maka hudud bukan hukuman berbentukharta, bukan sebagai ta’zir yang tidak ditentukan dalam syariat yg kembalinya terhadap ijtihad hakim, dan bukan buat menyakiti namun buat menangkal dia dan orang yang lain menjalankan hal yg serupa, dan bagi orang itu yaitu sebagai penebus dosanya.
Dalil Disyariatkan Hudud
Dalil disyariatkan hudud ada dalam Al Qur’an, As Sunnah, dan Ijma. Al Qur’an dan As Sunnah sudah menetapkan hukuman tertentu kepada tindak kejahatan atau maksiat tertentu, mirip zina, menuduh zina (qadzaf), pencurian, meminum khamr (arak), hirabah, riddah, dan sebagainya.
Hikmah Disyariatkan Hudud
Hudud disyariatkan buat menghalangi jiwa mengerjakan maksiat dan berani mengunjungi larangan-larangan Allah Ta’ala, sehingga terwujudlah ketenangan dan keselamatan di tengah masyarakat di samping mereka merasakan ketentraman hidup. Dengan demikian, hudud ialah eksekusi yang diputuskan bagi memenuhi hak Allah Ta’ala, kemudian buat maslahat masyarakat, dimana tidak tepat bagi seorang pemimpin mengendalikan rakyatnya kecuali dengan adanya hukuman yang membuat jera pelaku kriminalitas, sehingga hudud tergolong maslahat paling besar bagi hamba dalam kehidupan dunia dan akhirat. Dengan adanya hudud, pelaku maksiat berhenti, orang yg bagus merasakan keselamatan, keadilan terwujud, dan manusia mencicipi keselamatan pada diri, kehormatan, dan harta mereka sebagaimana yg kami saksikan di negara yang memberlakukan hukum-aturan Allah, dimana penduduknya mencicipi keselamatan, kenyamanan, dan ketentraman; berbeda dengan negara-negara yang meninggalkan aturan-aturan Allah dan menganggap hukum tersebut sebagai tindakan liar dan tidak cocok dengan peradaban terbaru, sehingga negerinya terhalang dari mendapatkan keadilan yg kuasa, terhalang dari menemukan keamanan dan ketenangan meskipun negeri itu memiliki berbagai persenjataan yg lengkap, maka hal ini tidak berguna apa-apa bagi negara itu hingga negara itu mau menegakkan aturan Allah yg disyariatkan bagi maslahat hamba-Nya, sebab penduduk tidaklah diatur dengan senjata, bahkan dikelola dengan syariat Allah. Perlengkapan dan persenjataan hanyalah selaku alat untuk mewujudkan eksekusi syar’i bila dipakai secara sebaik mungkin.
Bagaimana mereka mampu dipalingkan dari aturan Allah Rabbul alamin dan menyebutnya liar, tetapi tidak menyebut tindak kriminalitas selaku tindakan yg liar yang kenyataannya meresahkan masyarakat, menzalimi orang-orang yg tidak bersalah, dan mengacaukan keselamatan penduduk . Sebenarnya inilah yg ‘liar’, mulai tetapi logika telah berubah dan fitrah telah rusak sehingga menyaksikan yg hak sebagai kebatilan, dan kebatilan selaku kebenaran sebagaimana kata penyair,
قَدْ تُنْكِرُ الْعَيْنُ ضَوْءَ الشَّمْسِ مِنْ رَمَدٍ ... وَيُنْكِرُ الْفَمُ طُعْمَ الْمَاءِ مِنْ سُقْمٍ
Terkadang mata mengingkari adanya sinar matahari alasannya sakit mata
Sebagaimana verbal mengingkari rasa air saat sakit
Dі ѕаmріng іtu, раdа реnеgаkkаn hudud jugа tеrdараt реnсuсіаn hаmbа dаrі dоѕа dі dunіа. Hаl іnі bеrdаѕаrkаn hаdіtѕ Ubаdаh bіn Aѕh Shаmіt ѕесаrа mаrfu (dаrі Nаbі ѕhаllаllаhu аlаіhі wа ѕаllаm) tеrkаіt dеngаn bаі’аt,
وَمَنْ أَصَابَ مِنْ ذَلِكَ شَيْئًا فَعُوقِبَ بِهِ فِي الدُّنْيَا فَهُوَ لَهُ كَفَّارَةٌ
“Barang siapa melaksanakan salah satu dari tindakan itu, dulu dia diberi eksekusi di dunia, maka hal itu selaku kaffarat (penebus dosanya).” (Hr. Bukhari dan Muslim)
Demikian pula berdasarkan hadits Khuzaimah bin Tsabit secara marfu’,
مَنْ أَصَابَ ذَنْبًا أُقِيمَ عَلَيْهِ حَدُّ ذَلِكَ الذَّنْبِ فَهُوَ كَفَّارَتُهُ
“Barang siapa yg melaksanakan dosa yang menjadikannya ditegakkan eksekusi had kepada dosanya, maka yang demikian selaku penebus dosanya.” (Hr. Ahmad dan Daruquthni. Al Hafizh Ibnu Hajar berkata, “Sanadnya hasan.” Dishahihkan oleh Al Albani dalam Shаhіhul Jаmі no. 6039)
Hukumаn hаd іnі dі ѕаmріng mеrеаlіѕаѕіkаn mаѕlаhаt hаmbа, jugа mеruраkаn kеаdіlаn, bаhkаn kеаdіlаn уg ѕеаdіl-аdіlnуа.
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rаhіmаhullаh berkata, “Hudud timbul alasannya adalah didasari sayang kepada manusia dan cita-cita berbuat baik terhadap mereka. Oleh alasannya adalah itu, bagi orang yg menghukum insan alasannya adalah dosa yg mereka lakukan hendaknya berencana baik dan sayang terhadap mereka sebagaimana orang bau tanah memberikan akhlak kepada anaknya dan sebagaimana dokter menangani pasiennya.”
Semua tindak kejahatan tidak mampu hilang kecuali dengan ditegakkan hukuman Allah bagi pelakunya. Adapun mengambil denda atau memenjarakan pelakunya dan hukuman-eksekusi buatan yg yang lain hanyalah sia-sia, zalim, dan memperbesar keburukan.
Wajibnya menegakkan hudud dan haram menjadi penghalang terhadapnya
Menegakkan hudud di tengah-tengah insan hukumnya wajib untuk menangkal kemaksiatan dan membuat jera para pelaku maksiat.
Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendorong umatnya untuk menegakkan hudud dalam sabdanya,
«إِقَامَةُ حَدٍّ مِنْ حُدُودِ اللَّهِ، خَيْرٌ مِنْ مَطَرِ أَرْبَعِينَ لَيْلَةً فِي بِلَادِ اللَّهِ عَزَّ وَجَلَّ»
“Menegakkan eksekusi had di antara had-had Allah lebih baik daripada menerima curahan hujan selama 40 hari di negeri Allah Azza wa Jalla.” (Hr. Ibnu Majah dan Ahmad, dan dihasankan oleh Al Albani dalam Shаhіh Ibnu Mаjаh no. 2056-2057, lihat Aѕh Shаhіhаh no. 231)
«أَقِيمُوا حُدُودَ اللَّهِ فِي الْقَرِيبِ وَالْبَعِيدِ، وَلَا تَأْخُذْكُمْ فِي اللَّهِ لَوْمَةُ لَائِمٍ»
“Tegakkanlah hukuman had Allah kepada orang yang erat (mirip kerabat) maupun orang yg jauh, dan jangan pedulikan celaan orang yang mencela.” (Hr. Ibnu Majah dari Ubadah bin Ash Shamit, dihasankan oleh Al Albani)
Dan diharamkan menyelenggarakan (syafaat) pembelaan dalam hal hudud bagi menggugurkannya atau tidak menegakkannya apabila perbuatan yg ada hadnya ini telah sampai beritanya terhadap imam (pemerintah) dan sudah tetap baginya, sebagaimana bagi waliyyul amri atau imam diharamkan mendapatkan pembelaan itu. Hal ini menurut sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
«مَنْ حَالَتْ شَفَاعَتُهُ دُونَ حَدٍّ مِنْ حُدُودِ اللَّهِ، فَقَدْ ضَادَّ اللَّهَ، وَمَنْ خَاصَمَ فِي بَاطِلٍ وَهُوَ يَعْلَمُهُ، لَمْ يَزَلْ فِي سَخَطِ اللَّهِ حَتَّى يَنْزِعَ عَنْهُ، وَمَنْ قَالَ فِي مُؤْمِنٍ مَا لَيْسَ فِيهِ أَسْكَنَهُ اللَّهُ رَدْغَةَ الْخَبَالِ حَتَّى يَخْرُجَ مِمَّا قَالَ»
 “Barang siapa yang usaha syafaat(pembelaan)nya menghalangi salah sesuatu di antara hukuman had di antara had-had Allah, maka bermakna dia telah menentang Allah. Barang siapa yg berkelahi membela yang batil padahal beliau tahu itu batil, maka dia terus berada dalam kemurkaan Allah sampai beliau berhenti, dan barang siapa yang berkata perihal seorang mukmin yg tidak ada padanya, maka Allah akan menempatkannya di Radghatul Khabal (neraka dengan menerima cairan yang keluar dari badan penghuni neraka) sampai beliau mencabut perkataannya.” (Hr. Abu Dawud, dishahihkan oleh Al Albani)
Nabi shallallahu alaihi wa sallam juga menolak pembelaan Usamah bin Zaid kepada wanita Al Makhzumiyah yg mencuri dan Beliau murka risikonya hingga-sampai Beliau bersabda,
«إِنَّمَا هَلَكَ مَنْ كَانَ قَبْلَكُمْ، أَنَّهُمْ كَانُوا يُقِيمُونَ الحَدَّ عَلَى الوَضِيعِ وَيَتْرُكُونَ الشَّرِيفَ، وَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ، لَوْ أَنَّ فَاطِمَةَ فَعَلَتْ ذَلِكَ لَقَطَعْتُ يَدَهَا»
“Sesungguhnya binasanya orang-orang sebelum kalian yaitu ketika mereka menegakkan hukuman had kepada orang rendah dan meninggalkannya kepada orang terhormat. Demi Allah yang nyawaku di Tangan-Nya, kalau sekiranya Fathimah sedang hal itu (pencurian) tentu aku potong tangannya.” (Hr. Bukhari)
Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah rahimahullah berkata, “Nir boleh membatalkan eksekusi hudud baik sebab syafaat (adanya pembelaan) maupun adanya hadiah atau lainnya, bahkan tidak halal dalam hal ini adanya syafaat. Barang siapa yang membatalkan hukuman hudud padahal ia bisa melakukannya, maka ia mulai mendapatkan laknat Allah Ta’ala.”
Ia juga berkata, “Nir boleh diterima dari pencuri, pezina, peminum arak, pembegal dan semisalnya harta bagi membatalkan hukuman had, baik buat Baitul Mal maupun yg lain. Harta yg diambil buat membatalkan had yakni harta haram dan kotor. Apabila pemimpin melaksanakan hal ini, maka dia telah memadukan dua mafsadat (kerusakan) yang besar, ialah membatalkan eksekusi Allah dan menyantap harta yang haram, meninggalkan keharusan dan sedang yang haram. Para ulama juga setuju, bahwa harta yg diterima dari pezina, pencuri, peminum arak, dan pembegal buat membatalkan hukuman hudud yakni harta haram dan kotor, dan inilah yg kadang terjadi dan menghancurkan persoalan kaum muslim serta menjadi karena jatuhnya kehormatan pemimpin, jatuh harga dirinya, dan hancur keadaaanya.”
Adapun memaafkan perbuatan itu sebelum beritanya sampai terhadap imam, maka boleh. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam kepada orang yang dicuri selendangnya, dulu orang itu hendak memaafkan si pencuri, “Mеngара еngkаu tіdаk mааfkаn іа ѕеbеlum еngkаu dаtаng kераdаku?” (Hr. Abu Dawud, Hakim, beliau menshahihkannya dan disepakati oleh Adz Dzahabi, serta dishahihkan oleh Al Albani)
Bahkan disarankan menutupi malu seorang muslim. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
وَمَنْ سَتَرَ مُسْلِمًا، سَتَرَهُ اللهُ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ
“Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, maka Allah mulai tutupi aibnya di dunia dan akhirat.” (Hr. Muslim dari Abu Hurairah)
Tentunya, hal ini (menutupi malu) sungguh penting bagi orang yang tergelincir dan ia berusaha mempertahankan dirinya tetapi dikalahkan oleh hawa nafsunya, dan setelahnya ia menyesal. 
Demikian pula dianjurkan seorang hamba menutupi aibnya sendiri. Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda,
كُلُّ أُمَّتِي مُعَافًى إِلَّا المُجَاهِرِينَ، وَإِنَّ مِنَ المُجَاهَرَةِ أَنْ يَعْمَلَ الرَّجُلُ بِاللَّيْلِ عَمَلًا، ثُمَّ يُصْبِحَ وَقَدْ سَتَرَهُ اللَّهُ عَلَيْهِ، فَيَقُولَ: يَا فُلاَنُ، عَمِلْتُ البَارِحَةَ كَذَا وَكَذَا، وَقَدْ بَاتَ يَسْتُرُهُ رَبُّهُ، وَيُصْبِحُ يَكْشِفُ سِتْرَ اللَّهِ عَنْهُ
“Setiap umatku dimaafkan kecuali orang yang terperinci-terangan. Termasuk jelas-terangan yakni seseorang sedang sebuah tindakan (maksiat) di malam hari, kemudian pagi harinya sesudah dihalangi Allah dia berkata (terhadap saudaranya), “Wahai fulan, semalam aku melaksanakan ini dan itu, padahal malamnya telah dihalangi Rabbnya, namun pagi harinya beliau buka tirai Allah untuknya.” (Hr. Bukhari dan Muslim)
Catatan:
Apabila ada yang mengaku melaksanakan perbuatan yang harus diberi hukuman had hadapan imam (pemimpin), tetapi dia tidak memperjelas, maka sunnahnya yakni dihalangi dan tidak butuhmenanyakan wacana aibnya tersebut.
Dari Anas bin Malik radhiyallahu anhu beliau berkata, “Aku pernah beerada di erat Nabi shallallahu alaihi wa sallam, kemudian ada seorang yang tiba dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku telah menjalankan tindakan yang harus diberi had, maka jalankan hukuman itu kepada diriku.” Ketika itu Nabi shallallahu alaihi wa sallam tidak menanyakan ihwal pelanggaran itu, kemudian datang waktu shalat dan beliau pun shalat bersama Nabi shallallahu alaihi wa sallam. Setelah simpulan shalat, orang itu berdiri mengunjungi Nabi shallallahu alaihi wa sallam dan berkata, “Wahai Rasulullah, aku telah menjalankan perbuatan yg harus diberi had, maka jalankan kitab Allah kepada diriku.” Beliau bersabda, “Bukankah engkau sudah shalat bersama kami?” Ia menjawab, “Ya.” Beliau bersabda, “Sesunguhnya Allah sudah mengampuni dosamu,” atau bersabda, “(Mengampuni) hukuman had terhadapmu.” (Hr. Bukhari dan Muslim)
Bersambung...
Wallahu a’lam wa shallallahu ‘alaa Nabiyyina Muhammad wa ‘alaa alihi wa shahbihi wa sallam.
Marwan bin Musa
Mаrаjі’: Mаktаbаh Sуаmіlаh mоdеl 3.45, Al Fіԛhul Muуаѕѕаr (Tim Ahli Fiqih, KSA), Al Wаjіz (Syaikh Abdul Azhim bin Badawi), Al Mulаkhkhаѕh Al Fіԛhі (Shalih Al Fauzan), Subuluѕ Sаlаm (Muhammad bin Ismail Ash Shan’ani) ,Mіnhаjul Muѕlіm (Abu Bаkаr Al Jаzаіrіу), Mukhtаѕhаr Al Fіԛhіl Iѕlаmі (Muhаmmаd bіn Ibrаhіm At Tuwаіjіrі) httрѕ://www.аhlаlhdееth.соm/vb/ѕhоwthrеаd.рhр?t=354955 ,dll.
Posting Komentar

Posting Komentar