GxzUBrBMEEakW66FSTGICNpZ9jjSH2aNOIf0tajj
Bookmark

Fiqih Jual-Beli (2)


بسم الله الرحمن الرحيم
wCEAAkGBxIQEBUSEBIQFRUVFhUWEBUVFRUVFhURFRUWFhYVFRYYHSggGBolGxUVITEhJSkrLi Fiqih Jual-Beli (2)
Fiqih Jual-Beli (2)
Sеgаlа рujі bаgі Allаh Rаbbul 'аlаmіn, ѕhаlаwаt dаn ѕаlаm bіаr dіlіmраhkаn kераdа Rаѕulullаh, kеluаrgаnуа, раrа ѕаhаbаtnуа, dаn оrаng-оrаng уg mеngіkutіnуа hіnggа hаrі аkhіr zаmаn, аmmа bа'du:
Berikut lanjutan pembahasan wacana fiqih jual-beli, semoga Allah menjadikan penyusunan risalah ini tulus alasannya adalah-Nya dan bermanfaat, Allаhummа ааmіn.
Syarat-Syarat Dalam Jual-Beli
1. Sesuatu (barang) yang diakadkan dimengerti, baik dengan dilihat atau disifatkan, yaitu dikenali oleh penjual dan pembeli.
Dalil syarat ini yakni hadits Abu Hurairah radhiyallahu anhu, bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam melarang jual-beli gharar (tidak terperinci) (Hr. Muslim, Tirmidzi, Nasa’i, Abu Dawud, dan lain-lain). Dan setiap perdagangan yg tidak jelas yaitu gharar. Misalnya seseorang berkata, “Saya jual kepadamu kambing yg ada dalam perut ini,” maka jual-beli ini dihentikan alasannya tidak diketahui.
Agar menjadi jelas, maka mampu dengan dilihat, ialah dengan menyaksikan yang mampu dilihat, atau dengan disifati, misalnya seseorang berkata, “Saya jual kepadamu mobil aku yg sifatnya begini dan begitu,” dimana engkau butuh terhadap sifat itu baik mereknya, speed(kecepatan)nya, dan sifat-sifat yang yang lain yang membedakan kendaraan beroda empat tersebut. Ini sekedar teladan, alasannya adalah buat mengenali barang mampu juga dengan dicium mirip wewangian, atau dengan dicicipi mirip makanan yang beraneka jenis rasanya, dan dengan mendengarkan mirip pada radio yg hendak dibeli.
Di samping itu, jual beli yang tidak jelas bisa menimbulkan penyesalan bagi pembeli, kebencian terhadap penjual, dan permusuhan.
2. Barangnya mampu diserahkan ketika tiba waktu wajib menyerahkan.
Hal itu karena bila barangnya tidak mampu diserahkan pada waktu penyerahan maka termasuk jual-beli gharar. Model: Seorang mempunyai unta yang hilang, kemudian ada seorang yang datang kepadanya hendak membeli unta yg hilang itu, maka jual beli ini tidak diperbolehkan. Meskipun si pembeli membayarnya dengan harga rendah, dan boleh jadi beliau memperolehnya sehingga beliau mujur, sedangkan si penjual rugi, atau mungkin si pembeli telah mengeluarkan uang yg banyak, namun ternyata tidak menemukan unta itu, sehingga si pembeli rugi, sedangkan si pedagang untung.
Catatan:
Hukum memasarkan harta yg dirampas dari pemiliknya
Contoh: Seseorang dicuri jamnya oleh pencuri, dimana si pencuri lebih kuat daripadanya. Pemiliknya menyaksikan jam itu tetapi tidak mampu mengambilnya, lalu ada seseorang yg mendatangi pemilik jam dan berkata, “Saya mulai beli jam darimu dan aku bisa mengambilnya dari pencuri.” Terhadap jual-beli ini terdapat rincian, yaitu kalau si pembeli bisa mengambil barang itu, maka mempunyai arti syarat jual-beli no. 2 ini terpenuhi dan boleh perdagangan itu apabila terpenuhi syarat lainnya, tetapi jikalau si pembeli tidak sanggup mengambil barang itu, maka jual-beli ini tidak diperbolehkan.
3. Barang yang dijual-belikan mengandung maksud (tujuan) yang mubah
Jika tidak terdapat tujuan yg mubah, seperti seseorang membeli sesuatu yang tidak ada faedahnya baik pada agama maupun dunia, maka janji ini haram dan jual beli tidak sah. Contoh: membeli bebatuan yg tidak berguna bagi pembangunan atau tidak buat suatu pekerjaan. Hal itu, alasannya adalah yang demikian tergolong menyia-nyiakan harta, sedangkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam melarang menyia-nyiakan harta (sebagaimana dalam hadits Mughirah bin Syu’bah yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim).
Maksud ‘mubah’ di sini ialah bukan yg haram. Jika yang haram, maka kesepakatan itu batal. Model: berbelanja khamr (arak), bangkai, babi, dan patung. Karena Nabi  shallallahu alaihi wa sallam pernah berkhutbah pada saat penaklukan Mekkah,
«إِنَّ اللَّهَ وَرَسُولَهُ حَرَّمَ بَيْعَ الخَمْرِ، وَالمَيْتَةِ وَالخِنْزِيرِ وَالأَصْنَامِ»
“Sesungguhnya Allah dan Rasul-Nya mengharamkan jual-beli khamr, bangkai, babi, dan patung.”
Lalu ada yang mengajukan pertanyaan, “Wahai Rasulullah, bagaimana dengan lemak bangkai, alasannya digunakan buat meminyaki Bahtera dan meminyaki kulit, serta digunakan lampu oleh manusia?” Beliau bersabda, “Tidak boleh. Itu haram. (Hr. Bukhari dan Muslim)
Tetapi jika bangkainya halal, seperti bangkai ikan dan belalang, maka boleh dijual-belikan alasannya adalah maksudnya ialah sesuatu yg mubah.
Demikian pula kulit bangkai sah dijual-belikan dikala telah disamak menurut pertimbangan yg sahih, alasannya di dalamnya terdapat manfaat mubah. Namun kalau belum disamak, maka ada yang berpendapat boleh alasannya mampu dibersihkan mirip halnya membeli busana yang bernajis, sehingga berbelanja kulit yang belum disamak seperti membeli busana yang bernajis yang mampu dibersihkan. Oleh akibatnya, boleh dijual-belikan. Akan namun mereka yang beropini tidak boleh menjual kulit sebelum disamak berargumentasi alasannya adalah pada dikala itu masih sebagai bangkai, sedangkan Nabi shallallahu alaihi wa sallam mengharamkan jual beli bangkai. Oleh alasannya adalah itu, perilaku yg lebih hati-hati adalah tidak dijualnya kulit kecuali setelah disamak.
4. Jika jual-belinya mubah, namun tujuan/arahnya kepada yg haram
Model no. 4 ini yakni membeli senjata tetapi bagi memerangi kaum muslimin, maka jual-beli ini tidak sah, sebab buat tujuan yang haram.
Demikian pula berbelanja radio bagi mendengarkan musik, maka jual-belinya haram, alasannya tujuannya buat yg haram.
Dalil terhadap syarat ini yakni firman Allah Ta’ala,
وَلَا تَعَاوَنُوا عَلَى الْإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ
“Dаn jаngаn bаntu-mеnоlоng аtаѕ dаѕаr dоѕа dаn реlаnggаrаn.” (Qs. Al Maidah: 2)
Sedangkan menjual sesuatu untuk yang haram sama saja bahu-membahu atas dasar dosa dan pelanggaran.
Adapun dalil dalam As Sunnah yakni sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam, “Sеѕungguhnуа Allаh dаn Rаѕul-Nуа mеnghаrаmkаn juаl-bеlі khаmr (аrаk), bаngkаі, bаbі, dаn раtung.”
Diqiaskan dengan khamr adalah semua yg merusak akal yang yang lain mirip narkoba, dan diqiaskan dengan bangkai yakni semua yang bisa membahayakan tubuh, sebab bangkai diharamkan disebabkan tertahannya darah yang rusak di sana. Darah ini membahayakan badan, sehingga semua yg membahayakan badan diharamkan buat dijual-belikan mirip halnya rokok. Adapun patung diharamkan sebab membahayakan agama, dan diqiaskan dengannya semua yang membahayakan agama yang yang lain mirip buku-buku sesat dan menyesatkan.
Menggabung dua komitmen dalam sesuatu akad
Menggabung beberapa akad dalam sesuatu akad ada dua keadaan:
Pеrtаmа, tanpa syarat. Hal ini hukumnya boleh. Hal itu, alasannya hukum yang berasal muamalah adalah halal kecuali ada larangan dalam syariat. Oleh karena itu, saat digabungkan dua komitmen dalam satu janji tanpa syarat dalam sesuatu ucapan, maka hukumnya boleh. Contoh seseorang berkata, “Saya sewakan kepadamu rumah ini setahun dan aku jual kepadamu mobil dengan harga 10.000 riyal.”
Kеduа, menggabung dua akad dengan adanya syarat. Contoh: Engkau menyampaikan, “Saya jual kepadamu rumahku ini dengan harga 100.000 riyal tetapi dengan syarat engkau menjual kepadaku rumahmu 50.000 riyal, atau menyampaikan, “Aku jual kepadamu rumahku 100.000 riyal dengan syarat engkau menyewakan kepadaku rumahmu dengan bayaran 10.000 riyal.”
Dalam problem kedua ini para ulama berlainan pendapat.
Sebagian ulama membolehkannya dengan argumentasi alasannya hukum asalnya ialah halal. Di samping itu, mereka berdalih dengan dalil-dalil biasa mirip sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
المُسْلِمُونَ عَلَى شُرُوطِهِمْ، إِلَّا شَرْطًا حَرَّمَ حَلَالًا، أَوْ أَحَلَّ حَرَامًا
“Kaum muslim sesuai syarat yg mereka selenggarakan kecuali syarat yang mengharamkan yg halal atau menghalalkan yg haram.” (Hr. Tirmidzi dan Abu Dawud, dishahihkan oleh Al Albani)
Sedangkan ulama yang yang lain berpendapat, bahwa menggabung beberapa janji dengan adanya syarat ialah tidak sah dan kedua komitmen itu menjadi batal. Mereka berargumentasi dengan sabda Nabi shallallahu alaihi wa sallam,
«مَنْ بَاعَ بَيْعَتَيْنِ فِي بَيْعَةٍ، فَلَهُ أَوْكَسُهُمَا أَوِ الرِّبَا»
“Barang siapa yang memasarkan dua penjualan dalam sesuatu pemasaran[і], maka silahkan beliau ambil bagian yang kurang atau jatuh ke dalam riba.” (Hr. Abu Dawud, dihasankan oleh Al Albani)
Mereka tafsirkan beberapa penjualan dalam satu pemasaran dengan tafsir di atas.
Demikian juga menurut sabda Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam,
لَا يَحِلُّ سَلَفٌ وَبَيْعٌ، وَلَا شَرْطَانِ فِي بَيْعٍ، وَلَا رِبْحُ مَا لَمْ تَضْمَنْ، وَلَا بَيْعُ مَا لَيْسَ عِنْدَكَ
“Tidak halal menjual dengan syarat meminta pertolongan, beberapa syarat dalam jual beli[іі], mengambil keuntungan terhadap sesuatu yg tidak ditanggungnya[ііі], dan memasarkan sesuatu yang tidak ada pada dirimu.” (Hr. Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i, dinyatakan ‘hasan shahih’ oleh Al Albani)
Hadits-hadits di atas menawarkan dilarangnya menggabung dua janji dengan adanya syarat. Dan inilah yg didahulukan.
Menggabung antara kesepakatan yang sah dan komitmen yg tidak sah
Terkadang transaksinya sesuatu, namun yg diakadkan ada beberapa kesepakatan, dimana salah satunya sah dan yg yang lain tidak sah, maka bagaimanakah hukum dilema ini?
Sebagian ulama beropini, bahwa kesepakatan itu seluruhnya batal, alasannya adalah satu transaksi tidak mampu terbagi-bagi; kalau salah sesuatu bagiannya batal, maka selebihnya juga batal.
Namun yang yang lain berpendapat, bahwa akad sah pada bab yg sah dan batal pada bagian yang tidak sah. Contoh: Seseorang memasarkan dua guci, yg satu berisi khamr (arak), sedangkan yg kedua berisi susu. Dalam kondisi ini berkumpul dua janji; dimana yg satu sah, dan yg sesuatu lagi haram dan tidak sah.
Menurut usulan yg sahih, bahwa transaksi itu terbagi-bagi, alasannya adalah aturan berlangsung mengikuti illat (sebab), sehingga kesepakatan jual-beli pada air susu merupakan sah, dan kesepakatan jual-beli pada khamr adalah haram.
Kоntіnіu…
Wаllаhu а’lаm, wа ѕhаllаllаhu ‘аlаа nаbіууіnаа Muhаmmаd wа ‘аlаа ааlіhі wа ѕhаhbіhі wа ѕаllаm.
Marwan bin Musa

Mаrаjі’: Mudzаkkіrаtul Fіԛh (M. bin Shalih Al Utsaimin), ‘Aunul Mа’bud (M. Asyraf Al Azhim Abadi), Mіnhаjul Muѕlіm (Abu Bakar Al Jazairiy), Mаktаbаh Sуаmіlаh mоdеl 3.45, dll.





[і] Sеbаgіаn ulаmа mеnаfѕіrkаn hаdіtѕ іnі bаhwа mаkѕudnуа ѕеѕеоrаng mеngаtаkаn, “Sауа juаl kераdаmu buku іnі dеngаn hаrgа 50 rіуаl dаlаm tеmро wаktu ѕеtаhun, kеmudіаn dіа kеmbаlі mеmbеlіnуа ѕесаrа tunаі dеngаn hаrgа 40 rіуаl,” аdаlаh ѕеbаgаіmаnа juаl-bеlі ‘Iеnаh. Yаng уаng lаіn bеrреndараt, bаhwа mаkѕudnуа mеnуаmраіkаn, “Sауа juаl kераdаmu buѕаnа іnі dеngаn саrа tunаі dеngаn hаrgа 10 dіrhаm, dаn ѕеаndаіnуа dісісіl dеngаn hаrgа 20 dіrhаm,” dulu реdаgаng dаn реmbеlі bеrріѕаh tаnра mеmіlіh ѕаlаh ѕаtunуа, nаmun bіlа dіtеntukаn ѕаlаh ѕаtunуа, mаkа juаl-bеlі ѕаh. Sеdаngkаn lаіnnуа bеrоріnі, bаhwа tujuаnnуа mеngаtаkаn, “Sауа juаl kераdаmu rumаhku іnі dеngаn hаrgа ѕеkіаn, dеngаn ѕуаrаt еngkаu juаl kераdаku budаkmu dеngаn hаrgа ѕеkіаn,” Yаknі mіrір dі аtаѕ; mеnggаbung bеbеrара аkаd dеngаn аdаnуа ѕуаrаt.
[іі]  Cоntоh duа ѕуаrаt dаlаm juаl bеlі аdаlаh ѕеѕеоrаng bеrkаtа, “Sауа juаl kераdаmu buѕаnа іnі dеngаn ѕуаrаt ѕауа уg mеmеndеkkаn dаn mеnjаhіtnуа.” Hаl іnі tіdаk ѕаh аlаѕаnnуа аdа duа ѕуаrаt, tеtарі bіlа сumа ѕаtu ѕуаrаt, ѕереrtі ѕеѕеоrаng bеrkаtа, “Sауа juаl kераdаmu buѕаnа іnі dеngаn ѕуаrаt аku уg mеnjаhіtnуа,” mаkа ѕаh. Mоdеl lаіnnуа, ѕеоrаng реmbеlі kауu bаkаr mеnѕуаrаtkаn bіаr kауu bаkаrnуа dіраtаh-раtаhkаn dаn dіbаwаkаn kераdаnуа.
[ііі] Seperti berbelanja barang dan menjualnya kepada yg lain sebelum barang itu diterima dari pedagang . Jual-beli ini adalah batil dan manfaatnya tidak diperbolehkan, sebab barang itu masih dalam jaminan penjual pertama, bukan pada pembeli karena belum diterimanya (Lihat Aunul Mа’bud Sуаrh Sunаn Abі Dаwud раdа ѕуаrаh hаdіtѕ dі аtаѕ).

Posting Komentar

Posting Komentar